Universitas Muslim Indonesia - Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Translate

Sabtu, 06 Juni 2009

FORMULA PAKAN UNTUK IKAN

Formula pakan ikan didasarkan pada kandungan protein, lemak dan serat. Formula ikan dapat dibagi Menjadi dua bagian sesuai dengan kebutun ikan, pakan ikan untuk anak ikan atau benih akan membutuhkan 50% protein, 8% lemak,. Sedangkan untuk ikan dewasa membutuhkan protein antara 25-30% protein, lemak 7%.
Cara membuat pakan ikan sesuai dengan kebutuhan ikan dapat menggunakan formula campuran dari bahan-bahan pembuatan pakan atau pellet ikan yang akan di jelaskan pada table formula ikan. Bahan-bahan pakan ikan adalah tepung ikan, ampas tahu, dedak, bungkil kelapa, jagung, tepung darah, limbah udang,
minyak ikan. Bahan pakan ini banyak terdapat di setiap daerah. Jadi, untuk membuat pellet ikan tidak sulit karena 90% bahan sudah tersedia.
Setiap jenis bahan-bahan pakan tersebut memiliki kandungan protein yang berbeda-beda. Oleh karena itu perlu memperlajari / mengetahui berapa kandungan nutrisi bahan-bahan pakan sebelum membuat pellet ikan.
 

Nama BahanProteinLemakSerat :
Tepung Teri
Tepung Udang
Tepung Darah
Tepung Bekicot
Tepung Ikan
Tepung Kedelai
Tepung Terigu
Dedak Halus
Tepung Jagung
Tepung Singkong
Bungkil Kacang Tanah
Bungkil Kelapa
Tepung Ayam Segar


Hal penting yang harus di perhatikan dalam membuat formula pakan ikan adalah ketersediaan bahan-bahan untuk membuat pellet ikan tersebut harus ada secara terus menerus. Jangan menggunakan bahan yang ketersediannya terbatas atau musiman. Formula ikan yang berubah-ubah akan dapat menurunkan selera
makan ikan dalam waktu sementara yang akan berakibat pada pertumbuhan ikan yang lambat.


Tepung2 lainnya seperti :
Tepung Ikan 35% dan 50-60%
Tepung Darah
Tepung Bulu ayam
Tepung Tulang
Tepung Udang
Tepung Teri
Bungkil Kelapa Parut

LINK JUGA :  ASKAR HOME

1 komentar:

  1. bro, infox lumayan bagus, cuman kalo bisa sertakan metodenya dong??????

    BalasHapus